1DAVAO CITY-18/07/16 Sekolah Indonesia Davao sebagai salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri dimana mayoritas peserta didiknya merupakan putra-putri warga negara Indonesia yang tinggal di Filipina (Mindanao Selatan), pada hari ini (18 Juli 2016) turut menyemarakkan program Sapa Sekolah di hari pertama masuk sekolah. Meski hanya beberapa siswa yang diantar orang tuanya, namun hal ini sebuah angin segar wujud kepedulian orang tua terhadap anak dan proses belajarnya.  Diakui oleh ketua pelaksana harian SILN Davao M Heru Santoso, salah satu penyebabnya adalah jauhnya tempat tinggal dan kesibukkan orang tua siswa. Lebih jauh lagi M Heru Santoso memaklumi bahwa memang mayoritas siswa SILN tinggal di asrama sekolah. Semoga pada tahun pelajaran mendatang, lebih banyak orang tua siswa yang mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah sehingga dapat terjalin komunikasi dan kolaborasi antara pendidik di rumah (orang tua), dan pendidik di sekolah (guru). Adanya komunikasi antara orang tua dan guru dapat menjadi solusi untuk memahami peran dan tugas masing-masing sehingga jika suatu saat terjadi masalah, tidak akan berakhir pada penuntutan ke polisi, seperti yang kerap terjadi sebelumnya. “Penyelesaian masalahnya tidak akan sendiri-sendiri,”

Tidak jauh dari bahasan sapa sekolah dan tahun ajaran baru, salah satu agenda awal tahun ajaran baru SILN Davao adalah Masa Orientasi Sekolah Peserta Didik Baru (MOSPDB) yang saat ini dikenal sebagai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Penyelenggaraan MOSPDB SILN Davao 2016 berlangsung di Sekolah Indonesia Davao selama 2 hari, mulai Rabu ini hingga Kamis (21/06/16) dengan materi yang disampaikan seputar pengenalan lingkungan sekolah; cara belajar efektif; belajar berhitung dengan metode jari aljabar; tata karma kedisiplinan dan wawasan wiyata mandala; etika,estetika dan perilaku hidup bersih dan sehat; dan keterampilan daur ulang pemanfaatan barang bekas.  MOSPDB dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 waktu setempat.

(berikut rundown acaranya)

Pada tahun ini jumlah peserta MOSPDB SILN Davao adalah seluruh siswa SILN Davao sebanyak 108 siswa yang terdiri dari 54 siswa laki-laki dan 54 siswa perempuan. Vanessa Agatha Putri  salah satu peserta MOSPDB SILN Davao mengaku senang dalam mengikuti kegiatan MOSPDB. “Kegiatannya menyenangkan, karena para pematerinya interaktif, menggunakan game, tidak monoton” Jelas Vanessa siswa baru kelasVII. . Semoga masa orintasi sekolah ini  dapat benar-benar membantu siswa untuk menganal lebih jauh sekolahnya dan memberikan hasil yang baik dalam proses belajar mengajar.

 

Cerita mutiara mutiara negeri

Davao City,  Juli 20, 2016

SILN DAVAO FILIPINA

(Yunia Tiara/ Editor Slamet)

Album kegiatan ( in progress )